Monday, December 14, 2015

pie susu teflon


Resep ini lagi booming banget di jagad fb, mungkin karena dianggap praktis dan bisa dipraktekkan sama semua. Gw suka banget sama segala jenis pie susu, mulai pie susu bali, pie susu hongkong sampe egg tart macam lisboa (elo apa sih yg ga doyan Nda? :p). berhubung saat ini cuma ada oven listrik, dimana saat memanggang saya harus menyepi dan semedi alias mati-matiin alat listrik yg lain soalnya wattnya besar hahaha, bikin agak males makenya. menurut si empunya resep mas Lanang, resep ini bisa diaplikasikan menggunakan teflon.. beuuuh tertarik dong gw.. maka gw coba. eeen.. enaaak, suka suka.. tapi menurut gw custardnya agak kemanisan, maka dari itu gw tambahin parutan keju jadi ada gurih gurihnya sedikit.

Pie susu teflon

Bahan crust:
5 kuning telur
3 sdm gula halus
500 gr terigu
150 ml mentega cair

filling
4 butir kuning telur
180 ml susu kental manis
3 sdm maizena
120 ml air (gw 200ml)

cara membuat pie:
aduk kuning telur dan gula halus sampai rata tuang ke terigu lalu masukkan mentega cair, aduk sampai adonan tidak lengket dan kalau dirasa kurang lembut tambahkan mentega cairnya
cetak di cetakan pie (gw pake loyang brownies mini) yg sdh diolesi mentega.
sisihkan

cara membuat filling
aduk rata kuning telur dan susu kental manis lalu masukan maizena yg dilarutkan dengan air sesuai resep.
ge bagi dua adonan filling, setengah gw tambahin parutan keju cheddar 50gr dan setengah lagi gw kasih coklat bubuk 25gr
(next mau nyoba pake dcc).

tuang adonan isi diatas cetakan, letakkan di teflon yg sudah dipanaskan dengan api kecil, tutup. masak selama 15-20 menit, karena kemarin cetakan gw lumayan bohai jadinya lebih dr 30 menit.

No comments:

Post a Comment